Registrasi

Berita:

Panduan membuat Topik baru silahkan Cek disini

Kang Abdi

April 21, 2017, 05:34:23 AM
Kepala Keluarga Tulisan: 104
Beberapa waktu lalu media sosial kembali diramaikan oleh pernyataan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terkait isu kelautan dan dunia perikanan. Publik dan pemerhati masalah kelautan dikejutkan oleh statemen beliau. Sebagaimana dilansir oleh banyak media bu mentri menyatakan sikap tegas pemerintah untuk memberangus rumpon-rumpon liar dan ilegal (tidak berizin).

Rumpon didefinisikan sebagai karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan agar ikan mengumpul pada lokasi tertentu. Diartikan pula sebagai rumah buatan bagi ikan yang dibangun secara sengaja dengan berbagai teknik pembuatan. Karang buatan ini difungsikan sebagai perangkat bantu penangkapan ikan yang sudah dikenal oleh masyarakat nelayan. Rumpon tradisional memiliki konstruksi menyerupai pepohonan yang dipasang atau ditanam pada kedalaman tertentu di suatu tempat di perairan laut yang berfungsi sebagai tempat berlindung, mencari makan, memijah, berkembang-biak & berkumpulnya ikan. Sehingga rumpon ini dapat diartikan tempat berkumpulnya ikan di laut untuk mengefisienkan operasi penangkapan ikan oleh para nelayan.

Jika rumpon diartikan sebagai karang buatan atau pengganti karang lautan (coral sea), rasanya tidaklah berlebihan jika banyak orang berkata bahwa Indonesia; negri bahari tercinta ini adalah rumpon raksasa dan surga bagi biota laut. apa sebab? Secara geografis Indonesia berada dalam hutan terumbu karang sangat luas yang dinamai "Coral Triangle" (Segitiga Terumbu Karang). Coral Triangle adalah kawasan dengan tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia mencakup enam negara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, Kepulauan Solomon), yang menyokong kehidupan lebih dari 120 juta orang yang tinggal di daerah pesisir serta ribuan unit usaha baik kecil, maupun besar di sektor perikanan dan pariwisata.


Tentang Coral Triangle
• Kawasan Segitiga Karang (Coral Triangle) merupakan lokasi kelautan dengan tingkat keanekaragaman hayati karang paling tinggi di bumi, sama pentingnya dengan hutan hujan Amazon dan dataran rendah Kongo bagi kehidupan planet ini. Memiliki lebih dari 500 jenis karang, meliputi 6 juta hektar luasan laut yang dinaungi oleh 6 negara – Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.
• Coral Triangle merupakan rumah bagi 3.000 spesies ikan karang dan komoditas perikanan bernilai ekonomi tinggi seperti tuna. Coral Triangle juga merupakan rumah bagi lumba-lumba, paus, hiu, pari, serta 6 dari 7 jenis penyu yang ada di dunia.
• Kawasan Coral Triangle mendukung kehidupan 120 juta lebih masyarakat pesisir baik langsung maupun tidak langsung serta miliaran konsumen seafood di seluruh dunia.

« Edit Terakhir: April 25, 2017, 05:08:57 AM oleh Kang Abdi »